Tips Hijrah Hati Menuju Allah SWT.

  Assalamu'alaikum wr wb

       Hallo Akhi/Ukhti disini saya akan membahas tentang Hijrah Hati Menuju Allah SWT. Apasih hijrah hati itu? Hijrah hati adalah menjauhi larangan larangan yang tidak Allah sukai seperti cinta kepada lawan jenis tetapi di hatinya cinta itu bukan karena Allah tetapi karena nafsu yang ingin memiliki pasangan yang belum halal. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang muslim adalah yang membuat orang-orang muslim yang lain selamat dari lisan dan tangannya. Adapun orang yang berhijrah adalah orang yang hijrah meninggalkan larangan-larangan Allah” (HR. Bukhari)
Hijrah yang dimaksud di dalam hadits ini adalah hijrah secara batin, yaitu dengan meninggalkan bujukan-bujukan hawa nafsu yang menyeret kepada keburukan dan meninggalkan rayuan setan. Inilah yang disebut dengan istilah hijrah dengan hati. Hijrah kepada Allah maknanya adalah meninggalkan apa-apa yang dibenci Allah menuju apa-apa yang dicintai-Nya, yaitu meninggalkan kemaksiatan menuju ketaatan.

 Hasil gambar untuk tips hijrah hati

1.Al Firar ila Allah (Berlari Menuju Allah)

         Berlarilah menuju jalan Allah segera tinggalkan larangan yang di benci oleh Allah, Allah SWT berfirman yang artinya "Maka berlarilah kalian menuju Allah” (QS. Adz Dzariyat : 50)
 Hijrah ke jalan Allah mengandung sikap meninggalkan segala sikap yang di benci oleh Allah kemudian diubah menjadi sikap yang di cintai oleh Allah SWT. Dalam artian seseorang berhijrah meninggalkan suatu maksiat kepada suatu ketaat.Apa perkara yang di benci oleh Allah? yaitu meliputi syirik,kekafiran,kemunafikan,kesombongan,dan kemaksiatan. Dan apa perkara yang dicintai oleh Allah? yaitu kesabaran,keikhlasan,ketaatan,keimanan,dan mengikuti tuntunan ke arah yang benar. Hijrah dengan hati kepada Allah menuntut kita untuk memiliki kesadaran dan ilmu mengenai apa yang Allah benci dan apa yang Allah cintai.

2.Menyelamatkan Diri Dari Adzab

      Kalian tau adzab Allah itu pedih? Sebab utama yang akan membebaskan dari adzab Allah adalah tauhid dan keimanan seorang hamba. Dengan tauhid dan iman itulah dirinya akan selamat dari kekalnya siksa neraka. Berbeda halnya dengan orang kafir atau musyrik.
 Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya barangsiapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh Allah haramkan atasnya surga dan tempat kembalinya adalah neraka, dan tidak ada bagi orang-orang zalim itu penolong” (QS. Al Ma’idah : 72)

3. Tunduk Kepada Syari’at Allah

     Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku maka dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka” (QS. Thaha : 123)
 Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan tidaklah pantas bagi orang yang beriman lelaki atau perempuan, untuk memiliki pilihan lain dari urusan mereka pada saat Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu perkara. Barangsiapa yang durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya sungguh dia telah sesat dengan kesesatan yang amat nyata” (QS. Al Ahzab : 36) 
Diantara bentuk ketundukan kepada syari’at Allah adalah dengan memberikan ketaatan kepada ulama dan umara/pemerintah dalam hal-hal yang ma’ruf/kebaikan. Demikian pula wajib mengembalikan segala perselisihan kepada Al Qur’an dan As Sunnah. Inilah yang disebut dengan ketundukan kepada hukum Allah.

Itulah 3 tips hijrah hati menuju allah dari saya, semoga bermanfaat dan semoga di permudahkan dalam berhijrah menuju jalan Allah. Jangan takut untuk melangkah ke jalan Allah karana Allah tidak akan menyesatkan hamba nya untuk kembali berhijrah. Terimakasih

  Wassalamu'alaikum wr wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips Hijrah Bagi Muslimah

Do'a Agar Istiqomah