Ciri-Ciri Orang Yang Istiqomah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  Hallo akhi/ukhti di postingan kali ini saya akan membahas tentang Ciri-Ciri Orang Yang Istiqomah.
Beberapa yang saya ketahui diantaranya:

1. Memelihara lisan dari menggunjing/membicarakan orang lain. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala : ”Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. “. (Al-Hujarat : 12).

2. Menghindari prasangka buruk kepada orang lain. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala ; ”Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa.” (Al-Hujarat : 12). Begitu pula Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam : ” Hindarilah prasangka buruk, sebab dugaan jelek itu kata-kata dusta terbesar (bahayanya)”.
3. Menghindari dari menghina/mengejek orang lain. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : ”Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” ( Al-Hujarat : 11 ).
4. Menundukkan pandangan dari kemilau dunia dan hal-hal yang terlarang. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya,“. (An-Nuur : 30)

5. Berkata benar/tidak berbohong. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala : “Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu)” (Al-An’am: 152).


   Itulah beberapa ciri yang saya ketahui, semoga bermanfaat. Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips Hijrah Bagi Muslimah

Arti Ayat Al-Qur'an Tentang Istiqomah

Tips Supaya Tetap Istiqomah Dalam Beragama dan Ketaatan